Saturday, November 9, 2013

Apa itu algoritma?

Apa sih itu algoritma? apakah jenis makanan? ya nggaklah :v
definisi algoritma itu secara informal ialah "a set of rules that precisely defines a sequence of operations."
Gak ngerti? nih gua artiin secara simple 'seperangkat aturan yang mendefinisikan langkah-langkah secara berurutan'.

Algoritma itu secara sederhananya adalah tahap-tahap dalam menyelesaikan suatu masalah. misalkan nih, kita disuruh ibu untuk menanak nasi, jadi yang gue lakuin adalah:
  1. Menyiapkan sarangan rice cooker
  2. Mencuci beras dan menentukan takarannya
  3. Merebusnya dan tunggu hingga matang
  4. finish
Itu algoritma menanak nasi menurut gue, algoritma utk setiap masalah itu berbeda-beda tergantung orangnya. masih belum ngeh dengan contoh diatas. Nih gua kasih yang lebih simple, contoh algoritma nelpon gebetan lo :v
  1. lo siapin dulu nomer hp gebetan lo(kalo dalam ngoding, gua bisa ibaratin kayak nyiapin variable)
  2. pastiin pulsa lo masih ada :p
  3. ketik atau cari nomer hp gebetan lo di hp lo
  4. setelah ketemu tekan yes atau hubungi
  5. finish

No comments: